Novita Hardini : Pendidikan Anak Usia Dini Membangun Pondasi Kokoh Menuju Masa Depan yang Cerah

Novita Hardini

Trenggalek, Indonesiatodays.net 

Novita Hardini.

Dalam peringatan HUT ke-18 HIMPAUDI Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, menggarisbawahi pentingnya komitmen dalam memberikan layanan pendidikan yang optimal bagi anak usia dini. Acara ini menjadi panggung bagi para penggiat perempuan dan anak-anak, yang merasa bahwa pendidikan anak usia dini adalah fondasi penting dalam proses tumbuh kembang mereka.

Semangat peringatan HUT HIMPAUDI ke-18 menjadi momentum yang tak boleh terlewatkan. Ia menjadi dorongan untuk membangkitkan keyakinan bahwa setiap anggota HIMPAUDI memiliki tanggung jawab untuk menjaga komitmen dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada anak-anak didik. Lokasi yang dipilih, GOR Gajah Putih Trenggalek, menjadi saksi bisu dari semangat ini.

Dalam konteks saat ini, kampanye transisi dari pendidikan anak usia dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan tengah berlangsung. Penting untuk memahami bahwa meniadakan calistung (materi pendidikan formal pada PAUD) bukan berarti menghapus belajar sama sekali, melainkan memberikan kebebasan bagi anak untuk tumbuh dan belajar dengan cara yang lebih alami. Anak harus bahagia dalam prosesnya, mereka harus merasakan hidup dengan sepenuh hati, dan yang paling penting, pendidikan karakter harus menjadi prioritas utama.

Novita Hardini juga menekankan perlunya pemahaman yang seragam di antara semua guru, tidak hanya di kalangan HIMPAUDI tetapi juga di IGTKI, PGRI, dan lainnya. Kolaborasi dan pemahaman bersama tentang kebutuhan para guru adalah kunci untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik. Penghasilan bukanlah satu-satunya motivasi para pendidik PAUD; mereka juga harus terus membuka cakrawala pemikiran mereka.

Belajar dan terus belajar adalah moto yang harus dipegang teguh. Melalui pelatihan dan pengalaman, para pendidik PAUD akan semakin kaya akan pengetahuan, termasuk dalam dunia digital. Pengetahuan ini tidak hanya terbatas pada pembelajaran formal, tetapi juga mencakup pemahaman tentang cara parenting yang tepat untuk anak-anak. Ini juga berarti meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu seperti pembulian dan kekerasan di sekolah.

Novita Hardini, sebagai wakil pemerintah, berjanji untuk mendorong Dinas Pendidikan agar lebih fokus pada peningkatan kapasitas setiap pendidik PAUD. Ini adalah langkah penting dalam menyambut infrastruktur yang luar biasa yang sedang dipersiapkan oleh Presiden Joko Widodo untuk Indonesia maju.

Kita harus menyadari bahwa Indonesia akan maju jika sumber daya manusianya siap untuk berubah dan berkembang. Tidak ada zona nyaman dalam pertumbuhan, dan untuk maju, kita harus siap untuk menghadapi ketidaknyamanan. Mental blok yang telah lama terpupuk harus diatasi, dan sumber daya manusia adalah kunci utama untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju.

Dalam dunia yang terus berubah, pendidikan anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan bangsa. Semangat peringatan HUT HIMPAUDI ke-18 adalah panggilan untuk kita semua agar bersama-sama membangun pondasi pendidikan yang kokoh, menuju masa depan yang cerah bagi generasi penerus kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *