RSUD dr. Iskak Tulungagung Menarik Minat RSUD dr. H. Jusuf SK Tarakan untuk Studi Banding

Tulungagung, indonesiatodays.net – RSUD dr. Iskak Tulungagung menarik perhatian rumah sakit di luar Jawa dengan ragam inovasi dan tata kelola manajemen yang diimplementasikan. Rombongan dari RSUD dr. H. Jusuf SK, Tarakan Kalimantan Utara, dan RSUD Cilacap mengunjungi RSUD dr. Iskak untuk mempelajari inovasi dan tata kelola yang telah dilakukan.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Plt. Direktur RSUD dr. H. Jusuf SK, dr. Budi Aziz B, Sp. PK, dan Direktur RSUD Cilacap, dr. Ichlas Riyanto, M.M. Mereka memberikan apresiasi terhadap kinerja RSUD dr. Iskak, terutama dalam hal tata kelola manajemen dan inovasi pelayanan rumah sakit.

“Tujuan kami datang ke sini adalah untuk belajar tentang remunerasi, inovasi pelayanan, pengadaan barang dan jasa, pola pengelolaan laboratorium, dan instalasi gawat darurat,” ujar dr. Budi Aziz B, Sp. PK.

Meskipun masih berstatus Rumah Sakit Pendidikan tipe B, RSUD dr. Iskak memiliki inovasi dan prestasi yang tidak kalah unggul dengan rumah sakit milik pemerintah lainnya.

“Kami sangat ingin belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan dari sini untuk kemudian kami terapkan di daerah kami,” kata Direktur RSUD Cilacap, dr. Ichlas Riyanto, M.M.

Rombongan tiba sekitar pukul 09.00 WIB dan disambut oleh Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Iskak, dr. Zuhrotul Aini Sp.A., M.Kes., beserta jajaran manajemen. Aini menjelaskan bahwa inovasi layanan RSUD dr. Iskak dilaksanakan dengan menerapkan prinsip ‘kaizen’ (perbaikan berkelanjutan) setiap tahunnya.

Hasilnya, terdapat 50 inovasi baru yang berasal dari setiap unit di RSUD dr. Iskak. Inovasi tersebut kemudian disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Selain itu, RSUD dr. Iskak juga telah menciptakan terobosan lain, seperti ‘hospital without wall’ (rumah sakit tanpa dinding). Salah satunya adalah layanan homecare yang terhubung langsung dengan public safety center (PSC),” ungkap Aini.

Aini menjelaskan bahwa kunjungan semacam ini menjadi pembelajaran bersama bagi semua penyelenggara layanan kesehatan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan. Selain bertukar pikiran, Aini juga memaparkan pelayanan RSUD dr. Iskak dan tata kelola manajemen yang telah diimplementasikan. Kunjungan diakhiri dengan melakukan ‘hospital tour’ sesuai dengan unit yang dikunjungi.

Kedatangan rombongan dari RSUD dr. H. Jusuf SK, Tarakan, dan RSUD Cilacap ke RSUD dr. Iskak Tulungagung merupakan bukti pengakuan terhadap keunggulan RSUD dr. Iskak dalam inovasi dan tata kelola manajemen. Hal ini menunjukkan bahwa RSUD dr. Iskak telah berhasil menciptakan sistem yang efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (Har)

 

Penulis: LendraEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *