Presiden Jokowi Terima Surat Pengunduran Diri Menteri Pertanian, Menunjuk Kepala Bapanas Sebagai Pelaksana Tugas

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers terkait pengunduran diri dari Mentan Syahrul Yasin Limpo, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (06/102023). foto Istimewa

Jakarta, indonesiatodays.net – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengumumkan bahwa ia telah menerima surat pengunduran diri dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Surat pengunduran diri tersebut diberikan kepada Presiden oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada Kamis malam (05/10/2023) dan telah ditindaklanjuti.

“Iya tadi malam sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri dari Pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti, sudah saya tanda tangani juga.” kata Presiden di hadapan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (06/102023).

Untuk mengisi kekosongan jabatan Menteri Pertanian, Presiden Jokowi telah mengangkat Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, sebagai pelaksana tugas (Plt). Presiden menjelaskan, “Penggantinya masih plt. Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan Nasional.”

Keputusan ini diambil Presiden dengan tujuan untuk mempermudah koordinasi antara Badan Pangan Nasional (Bapanas), Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perdagangan.

“Karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan Nasional, mentan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja supaya lebih memudahkan.” imbuhnya.

Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa pemerintah akan segera menyiapkan pengganti definitif untuk jabatan Menteri Pertanian. Pemilihan kandidat baru akan dilakukan secepatnya demi kelancaran tugas-tugas pemerintah dalam sektor pertanian. (len/red).

Penulis: LendraEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *