PPS Senden Kampak Sosialisasikan Pendidikan Pemilih, Meminimalisir Golput

TRENGGALEK,Indonesiatodays.net – Demi memastikan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 berlangsung dengan lancar, transparan, dan demokratis menggelar Sosialisasi tatap Pilkada tahun 2024 kepada masyarakat umum bertempat di Pendopo Balai Desa Senden, Kampak, Trenggalek Jum’at 18/10/24.

Sosialisasi tersebut merupakan wujud nyata komitmen dalam proses kehidupan demokrasi di desa Senden yang sehat, transparan, akuntabel. Dan bentuk ikhtiar PPS Senden dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Reza Indar Zulira Rahayu Pemateri dari Anggota PPS Senden menyampaikan, bahwa saat ini tahapan Pilkada sudah memasuki masa kampanye Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan wakil bupati.

Kampanye dimulai pada 25 September dan akan berakhir 23 November 2024.

“Kemudian masa tenang Pilkada, terhitung 24 sampai 26 November dan hari pencoblosan 27 November,” ujar Reza sapaan akrabnya.

Reza juga menyampaikan, data Daftar Pemilih Tetap (DPT) desa Senden pada Pilkada 2024 sudah keluar. Sehingga masyarakat yang ingin mengurus surat pindah memilih, syarat utamanya harus terdaftar di DPT.

“Untuk mengecek apakah sudah terdaftar dalam DPT bisa dicek secarah mandiri, buka secara online di https://cekdptonline.kpu.go.id atau ke PPS di desa setempat,” imbuhnya.

Menurut keputusan KPU nomor 799 terkait petunjuk teknis penyusunan daftar pemilih, proses pengurusan pindah memilih paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara..

Selanjutnya, mengurus pindah memilih, kata Rezal paling lambat 7 hari sebelum hari pemungutan suara.

“Bagi masyarakat kabupaten Trenggalek yang namanya tidak masuk DPT masih bisa menyalurkan suaranya dengan membawa KTP saat datang di TPS pada tanggal 27 november 2024 nanti,” pungkas Faisal.

Ketua PPS desa Senden Kampak Yuli Ambarwati menambahkan, sosialisasi Pilkada tahun 2024 dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Harapannya di Pilkada tahun 2024 partisipasi masyarakat akan meningkat. Secara kualitas, agar masyarakat menyadari perannya sebagai pemegang kedaulatan,” ungkapnya

Disampaikan pula oleh Yuli, kepada semua yang hadir pada acara ini dimohon untuk meneruskan kepada masyarakat luas yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap untuk menggunakan hak pilihnya tanggal 27 November 2024 di TPS masing-masing.

Editor : Tim Indonesiatodays

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *