Kebakaran Lereng Gunung Ijen Mencapai 20 Hektare

Petugas BPBD Bondowoso memadamkan ilalang dan semak belukar yang terbakar di lereng Gunung Ijen pada Rabu (13/9/2023). Foto: BPBD Bondowoso

Jawa Timur, indonesiatodays.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso melakukan pencatatan serius terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda kawasan lereng Gunung Ijen, mencapai sekitar 20 hektare. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (12/9/2023) hingga Rabu (13/9/2023) di Petak 102 B dan 103 A wilayah Perhutani Pos 2, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Bondowoso, Yuliono, menjelaskan bahwa kebakaran tersebut berhasil dipadamkan pada Rabu sekitar pukul 05.00 WIB. Namun, penyebab pasti dari peristiwa ini masih menjadi misteri.

“Kemungkinan faktor alam, karena hawa panas yang terjadi, kemudian timbul api,” ujarnya.

Berita baiknya adalah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, dan satwa endemik kawasan hutan lereng Gunung Ijen juga dilaporkan masih dalam kondisi aman.

Yuliono mengingatkan masyarakat yang beraktivitas di sekitar lereng Gunung Ijen untuk berhati-hati dan tidak membuang puntung rokok sembarangan, terutama saat musim kemarau. Tindakan sembrono semacam itu dapat menjadi pemicu potensial terjadinya kebakaran, yang dapat membahayakan hutan dan lingkungan sekitarnya. (len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *