Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Apresiasi Inovasi Dispendukcapil Gresik dalam Pelayanan Kependudukan

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Teguh Setyabudi dan Beserta Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (tengah)

Gresik, indonesiatodays.net – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Teguh Setyabudi, memimpin kunjungan ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk mengevaluasi dan memberikan penghargaan atas kinerja yang luar biasa dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Gresik dalam penyediaan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Kunjungan ini juga menjadi momentum penting ketika 2.000 keping blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik diserahkan kepada Dispendukcapil Gresik, yang akan digunakan untuk memperbarui dokumen identitas penduduk.

Kehadiran Teguh Setyabudi disambut oleh Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rahman. Bersama rombongan, mereka melakukan peninjauan mendalam terhadap pelayanan Adminduk yang diberikan oleh Dispendukcapil Gresik di Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Gresik menyediakan beragam layanan kepada masyarakat, termasuk layanan administrasi kependudukan. Namun, penting untuk dicatat bahwa pelayanan Adminduk tidak hanya terpaku pada fasilitas ini. Dispendukcapil Gresik secara konsisten melaksanakan layanan kolaboratif dengan berbagai instansi pemerintah lainnya dan melakukan program jemput bola yang mencakup desa, sekolah, perusahaan, bahkan pusat perbelanjaan.” kata Wabup. Rabu (08/11/2023)

Inovasi dan kreativitas yang ditunjukkan dalam program kolaboratif dan jemput bola ini mendapat pengakuan khusus dari Dirjen Kemendagri, Teguh Setyabudi. Ia menyatakan, “Inovasi semacam ini sangat relevan dan harus terus ditingkatkan untuk memaksimalkan pelayanan Adminduk kepada masyarakat.”

Selama kunjungan ini, Teguh Setyabudi dan rombongan juga berkesempatan untuk melihat secara langsung pelayanan yang sedang berlangsung dan berdialog dengan masyarakat yang tengah mengantri. Salah satu warga, Wahyu Setyawan, memberikan tanggapan positif terhadap pelayanan Adminduk.

“Pelayanannya sangat baik dan gratis.” ungkapnya.

Meskipun Dispendukcapil Gresik telah meraih penghargaan dari berbagai pihak, Kepala Dispendukcapil, Muhammad Hari Syawaluddin, tetap menjaga semangat dan antusiasme dalam mencapai target Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Kami terus mengejar target IKD, dimulai dari 5.600 IKD pada akhir tahun 2022, meningkat menjadi 16.000 IKD pada Juni 2023, dan saat ini telah mencapai 35.600 IKD. Setiap hari, kami melanjutkan program jemput bola.” kata Muhammad Hari Syawaluddin.

Menghadapi masa depan, Kepala Dispendukcapil Gresik memiliki visi yang ambisius. Rencananya mencakup integrasi layanan kependudukan dengan berbagai layanan lainnya, seperti Samsat, pajak, BPJS, dan Dinas Sosial. Bahkan, program jemput bola akan diperluas hingga mencakup tingkat RT dan RW, sehingga memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

Source : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik.

Penulis: LendraEditor: Redaksi

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *