Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek Siap Perbaiki Smart Bench yang Rusak Akibat Cuaca Ekstrim

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin beserta ASN saat meninjau fasilitas Smart Bench di alun-alun Trenggalek. foto : indonesiatodays.net

Trenggalek, indonesiatodays.net – Fasilitas Smart Bench di beberapa lokasi strategis di Kabupaten Trenggalek mengalami kerusakan akibat cuaca ekstrim belakangan ini. Dalam upaya memperbaiki dan mengoptimalkan penggunaan Smart Bench, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Trenggalek akan melakukan perbaikan menyeluruh.

Kerusakan Smart Bench yang disebabkan oleh cuaca ekstrim seperti hujan deras dan panas yang berlebih, menimbulkan kekhawatiran akan kenyamanan dan keandalan layanan bagi masyarakat. Fasilitas Smart Bench yang seharusnya menjadi tempat beristirahat dan mengisi daya bagi perangkat elektronik, saat ini memerlukan perbaikan agar dapat kembali berfungsi secara optimal.

“Smart Bench sudah kita bangun 2 tahun yang lalu, namun dengan cuaca ekstrem menyebabkan fasilitas seperti layar minitor, pengisi daya atau charger dan lain-lain. lalu matrial yang kita gunakan dari kayu sehingga kena hujan dan panas mengelupas, nanti kita ganti dengan bahan yang tahan dengan hujan dan panas,” kata Edif Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek.

Ia menjelaskan, pentingnya peran fasilitas tersebut dalam menyediakan layanan publik yang modern dan berorientasi pada teknologi.

“Smart Bench kami hadirkan di tengah masyarakat di lokasi alun-alun dan di pasar pon. Pejalan kaki saat beristirahat bisa menggunakan Smart Bench secara gratis. Ada jaringan Wi-fi, koneksi bluetooth yang dikoneksikan ke smartphone sambil mendengarkan musik, ada charger dan layar monitor atau panel informasi. Nah teknologi energi sumber daya Smart Bench kita sudah gunakan solar cell atau tenaga surya,’ ujarnya.

Lanjut Edif, Masyarakat diharapkan untuk memberikan informasi dan melaporkan apabila menemukan kerusakan atau masalah pada fasilitas Smart Bench. Dengan kolaborasi dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Trenggalek optimis bahwa Smart Bench dapat kembali berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi kenyamanan dan kebutuhan masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk memberikan fasilitas publik yang berkualitas tinggi bagi warga. Karena ini dari rakyat dn untuk rakyat. maka dari itu marilah sama-sama kita menjaga dan menggunakan fasilitas itu dengan bak dan bijak. Tahun ini kami akan segera perbaiki.” pungkasnya. (len)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *