Cabup Trenggalek, Kolom Kosong Gaib, Pilih Pemimpin Gaib atau Bernyawa

TRENGGALEK,Indonesiatodays.net – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Trenggalek 2024 diikuti pasangan calon tunggal Moch. Nur Arifin dan Syah Muhammad Natanegara (Ipin-Syah).

Pasangan tersebut akan melawan kolom kosong dalam Pilkada 27 November mendatang. Adapun kampanye kotak kosong, KPU dan Bawaslu tidak mengatur larangan ataupun regulasinya.

Kolom kosong bukanlah peserta pemilu dalam arti sebenarnya, melainkan ruang yang diberikan kepada pemilih sebagai alternatif jika mereka tidak ingin memilih calon tunggal. Jadi, secara teknis kolom kosong tidak dianggap sebagai peserta pemilu seperti layaknya pasangan calon yang sah.

Namun demikian kolom kosong tetap wajib disosialisasikan oleh KPU kepada masyarakat. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahu masyarakat bahwa pemilih memiliki pilihan lain selain calon tunggal, yaitu memilih kolom kosong. Hal ini penting agar pemilih memahami opsi yang tersedia dan dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

Terkait hal tersebut, Mas Syah sapaan akrab calon Wakil Bupati Trenggalek mengaku tak masalah apabila ada pihak yang mengatasnamakan relawan kolom kosong.

“Karena pilkada damai adem ayem menjadi visi kami pada pilkada ini,” ungkapnya, Sabtu (19/10/2024).

Mas Syah juga mengatakan bahwa pihaknya menghindari adanya gesekan-gesekan di masyarakat sehingga kemarin komunikasi dengan Mas Ipin, ia berkomitmen untuk pilkada damai.

“Semoga bisa berjalan dengan damai dan Alhamdulillah kita bisa mengkonsolidasikan itu,” jelasnya.

Mas Syah juga menyampaikan visi tersebut, akan dilaksanakan dengan tujuan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Trenggalek.

Ia juga menerangkan jika adanya kolom kosong telah diketahui bersama bahwa secara konstitusi juga dijamin. Selama mereka tidak mengajak untuk golput tidak masalah.

“Jadi mereka silakan mengkampanyekan kolom kosong, kita akan adu gagasan apakah lebih baik Kabupaten Trenggalek ini dipimpin oleh Bupati gaib atau bupati yang punya hidung (bernyawa) kira-kira seperti itu,” ucap Mas Syah.

Mas Syah juga juga menerangkan jika kedepannya tetap akan melanjutkan Trenggalek meroket jilid 2 ini.

Dengan visi bagaimana memajukan ekonomi rakyat, organisasi pemerintah yang kreatif dan ekonomi yang terjaga jadi sama-sama telah ketahui di tahun 2025 ke depan telah sesuai RPJMD.

Editor : Tim Indonesiatodays

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *